Cara Membuat Website Gratis Sendiri Dari WordPress Bagi Pemula


Saat ini penggunaan website semakin bertambah marak. Kemajuan teknologi internet akibat tuntutan jaman menambah keinginan memilikinya. Namun tidak banyak yang tahu cara membuat website. Hal inilah yang menjadi ladang tersendiri bagi jasa pembuat website.

Pengertian website atau situs web itu sendiri adalah tayangan halaman internet berisi berkas-berkas yang di dalamnya terdapat gambar, tulisan (teks), video dan lain sebagainya.

Perlu diketahui bahwa disekitar tahun 2004 sebagian besar situs dibangun menggunakan kode HTML, CSS dan Flash. Dimana hal tersebut akan sangat menyita waktu dalam belajar bahkan sulit untuk dapat menguasainya.

Saat itu kebanyakan orang akan berpikir bahwa cara membuat website amatlah sulit karena membutuhkan banyak pengkodean dan keterampilan mendesain.

Namun kini hal tersebut telah banyak berubah, Banyak penyedia layanan yang memikirkan memberikan berbagai kemudahan untuk membuat website.

cara membuat website gratis dari wordpress

Cara Membuat Website Gratis dari CMS WordPress


Sebelum mulai membuat website, Perlu diperhatikan 2 langkah penting berikut sebagai bahan persiapan awal, yaitu :
  1. Menentukan Platform Website
  2. Menentukan Nama Domain

#1.Menentukan Platform Website yang akan Digunakan

Ada banyak platform website yang bisa dipergunakan, Antara lain WordPress, Drupal, Joomla, Zikula, PyroCMS dan lain-lain. Namun bagi pemula yang baru mengenal dunia website saya sangat menyarankan untuk menggunakan WordPress.

Kenapa ?

Ikuti terus bacaan hingga ke bawah, Anda akan mendapatkan penjelasannya sebentar lagi ...........

Sekitar tahun 2016, Sistem manajemen konten (CMS) seperti WordPress telah membuat sistem yang dapat dengan mudah diakses oleh semua orang. Dimana secara sederhana, Sistem manajemen konten ini dikembangkan untuk membangun website dan mengelola konten online sendiri. Bukan menggunakan sekelompok halaman ber-HTML.

Akibatnya, Kini hampir setengah dari situs-situs yang beredar di Internet telah menggunakan platform WordPress.

Mengapa banyak yang menggunakan WordPress ? , ini dia beberapa keuntungannya :

1. Benar-benar Gratis

WordPress adalah sebuah komunitas besar yang telah merancang banyak tema yang indah, Penuh dengan berbagai keunikkan.

Dan asiknya lagi, Pihak WordPress tidak memungut biaya sepeser pun untuk proses download atau instalasi yang telah Anda lakukan.

2. Banyak Fasilitas

WordPress dapat dengan mudah diperluas dengan berbagai plugin gratis untuk menangani hampir semua situs. Dengan adanya plugin, Anda dapat dengan mudah menambahkan form kontak, form berlangganan, tombol share, dan lain-lain.

3. Responsif

Rancangan website hasil WordPress akan berbentuk responsif, Artinya website Anda dapat bekerja pada perangkat mobile. Akan tampak lebih indah dan keren di setiap perangkat mobile, smartphone atau tablet tanpa perlu susah payah mengutak-ngatik kode-kode yang rumit.

4. Dukungan Komunitas

Dengan banyaknya orang yang telah menggunakan platform ini termasuk para ahli, Webmaster, Blogger, pengembang tema dan pencipta plugin maka akan mudah untuk mendapatkan bantuan dengan cepat ketika Anda membutuhkannya.

Selain dari itu, Banyak sumber informasi yang dapat dengan mudahnya ditemukan di video YouTube atau di forum-forum lainnya.

#2.Menentukan Nama Domain yang Akan Digunakan

Memiliki sebuah domain sendiri tentuk akan terlihat lebih profesional bahkan keren. Anda bisa memiliki sebuah website dengan nama domain seperti nama Anda sendiri atau apapun-lah nama yang disukai.

Nama domain ini akan berlaku sebagai identitas website Anda. Oleh karena sebagai sebuah identitas maka Anda perlu mempertimbangkan kemudahan orang lain untuk mengingatnya. Jadi sebisa mungkin tidak panjang sekali,

Jika Anda berencana membuat situs web untuk diri sendiri, maka domain YourName.com adalah ide yang cukup bagus. Upayakan tidak menambahkan embel-embel lain yang malah akan memperburuknya.

Namun bila Anda ingin membuat website untuk bisnis Anda, Maka upayakan nama domain serupa dengan nama perusahaan atau merk (brand) perusahaan. Misalnya : YourCompanyName.com.

Setelah mendapatkan nama domain, Segeralah untuk memesan domain dan hosting pada perusahaan layaan hosting. Boleh sekaligus memesan domain dan hosting. Hosting diperlukan untuk menampung segala macam file yang digunakan untuk membangun website.

Banyak penyedia jasa domain dan hosting yang bisa ditemukan dengan  mudah, Antara lain : hostinger.co.id, masterweb.com, rumahweb.com, idwebhost.com dan lain-lain.

Umumnya mereka menyediakan layanan chat gratis untuk melayani pelanggan, Gunakanlah fasilitas chat online untuk membantu Anda. Bila ada pertanyaan jangan ragu untuk menghubungi layanan melalui fasilitas seperti itu. Bahkan, bila perlu Anda dapat meminta pihak layanan untuk membantu Anda melakukan panduan dalam penginstalan website.

Cara Membuat Website Gratis

Sebagai contoh di sini saya akan menggunakan penyedia layanan hosting yaitu Idhostinger. Kenapa ?

Karena Anda akan mendapatkan Disk space 2 GB, Bandwidth 100 GB, Gratis website builder, Script auto installer, Gratis 2 email, tanpa iklan sama sekali dan gratis. Ini adalah suatu ruang yang sangat cukup untuk membuat website. Apabila diperlukan kapasitas lebih maka Anda dapat melakukan upgrade ke premium atau bisnis.

Memulai Cara Membuat Website Gratis

1. Kunjungi situs penyedia hosting gratis di https://www.hostinger.co.id

2. Klik kotak Mulai Sekarang

Scroll ke bawah sedikit, temukan LANJUT KE CHECKOUT, Kemudian Klik saja, Terbuka layar baru. Lihat blok untuk Pengguna Baru, Klik "LANJUT"

3. Masukkan email dan password, Lengkapi juga Informasi Anda di bagian bawah

isi data cara membuat website


baca juga : Cara Membuat Email Baru Gmail dan Yahoo Indonesia

4. Setelah selesai seluruh data terisi, Klik SELANJUTNYA, Kemudian terbuka layar yang memberikan informasi data yang telah Anda isikan. Centang "Saya setuju dengan.."

5. Klik SELANJUTNYA, Kemudian buka email Anda. Lakukan konfirmasi dengan mengklik tautan yang dikirimkan. Refresh browser Anda, Kemudian login kembali di https://cpanel.idhostinger.com

6. Tampak tampilan "Pending Configuration Orders - Action Required" , klik "Setup"

Mulai setup untuk membuat website


7. Akan masuk ke pengaturan Order Hosting

pengaturan order hosting untuk membuat website gratis


8. Tandai bagian "Subdomain Gratis" (ditunjukkan panah 1)

9. Pilih salah satu domain yang tersedia yaitu : esy.es, 16mb.com, 96.lt, hol.es, pe.hu. 890.com (panah no 2) , Kemudian masukkan subdomain pada panah 3 (bebas, misalnya cobawebsite, menumasakan, dll)

10. Pilih Lokasi Server, dan masukkan password

11. Klik "Setup"

12. Dan setelah proses di atas selesai , pada menu daftar akun hosting, klik tanda + , Dan klik autoinstaller ( lihat gambar di bawah )

cara membuat website sendiri

13. Dan Anda akan masuk ke menu auto installer yang terdiri dari banyak aplikasi yang dapat diinstall ke hosting,  Scroll saja ke bagian Content Management, cari WordPress karena kita akan mempelajari cara membuat website gratis dari wordpress,

membuat website dari wordpress

Cara Membuat Website Sendiri

14. Setelah diklik maka akan masuk ke menu installasi aplikasi yang harus kita isi, Maka isilah :

a.    Username Administrator
b.    Password Administrator
c.    Judul Website  ( nama website / thema website )
d.    Tagline Website ( Descripsi singkat website )
e.    Yang lainnya biarkan default saja

15. Selanjutnya Klik saja Install, tunggu proses sebentar, Klik saja bagian URL jika ingin melihat tampilannya

artikel terkait : cara membuat blog sendiri

16. Kini website gratis anda sudah jadi.

Silahkan login ke website anda dengan cara mengetik www.yourdomain/wp-admin atau mengetik www.yourdomain/wp-login.php,

Masukkan username, password dan anda akan masuk ke dashboard aplikasi Wordpress sebagai tanda bahwa anda telah berhasil membuat website sendiri.

Sampai di sini website Anda sudah jadi, Namun masih berupa situs blank (kosong). Anda perlu melakukan beberapa settingan / pengaturan, Antara lain :

Setting Website Sendiri

Menentukan Tema :

Pada menu dashboard website WordPress Anda, Temukan menu "Tampilan" (Appearance). Kemudian pilih tema (theme) yang diinginkan dan klik "install" atau "aktifkan" (activate).

Menginstall Plugin :

Masih di dashboard, Klik "Plugins" (di bawah "tampilan") ⇒ Add New ⇒ Popular atau Anda bisa mengetikkan nama plugin di kolom "Search Plugins ...." ( bila sudah tahu namanya ).

Plugin adalah fitur tambahan di luar website yang digunakan untuk membantu peningkatan fungsi dan performa situs. Plugin digunakan bila fitur-fitur yang Anda inginkan tidak tersedia di WordPress atau di Tema WordPress.

Silahkan cari plugin yang Anda inginkan untuk ditanamkan ke website Anda, Setelah itu klik "Intall Now" dan lakukan pengaktifannya. Plugin-plugin yang popular digunakan antara lain : Jetpack by WordPress, WP Super Cache, Akismet, SEO by Yoast, AMP, Wordfence dan lain-lain.

Berkreasi dan menulislah dengan website anda tersebut sesuai dengan kemampuan, Untuk membuat postingan silahkan baca saja cara membuat postingan di blog WordPress yang dijelaskan dengan mendetail. Demikian cara membuat website gratis sendiri dari wordpress, semoga dapat memberikan manfaat.