Cara Riset Kata Kunci Menggunakan Keyword Planner

Cara Riset Kata Kunci Menggunakan Keyword Planner ~  Salah satu hal yang dapat membantu mendatangkan trafik blog dari segi SEO adalah riset kata kunci (keyword). Dengan melakukan riset kata kunci (keyword) kita dapat mengetahui seberapa besar minat terhadap artikel atau kata kunci yang telah kita bidik. Dan dengan melakukan berbagai optimasi maka potensi untuk mendatangkan trafik akan menjadi lebih besar.

Dan sebuah blog atau web yang ingin dibangun dan diharapkan menuai trafik secara organik dan tertarget diharuskan melakukan riset keyword, Dengan datangnya trafik secara organik maka mesin pencari akan lebih menyukainya karena dianggap lebih natural.

baca juga artikel : cara membuat blog sendiri gratis

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam melakukan riset kata kunci menggunakan Keyword Planner, Antara lain ialah :

1. Daftar ke Google Adwords

Sebelum bisa menggunakan Google Keyword Planner, Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu menggunakan akun gmail ke Google Adwords di https://www.google.com/adwords/. Google Adwords ini merupakan salah satu fasilitas tools gratis yang disediakan oleh Google untuk melakukan riset pasar internet. Setelah selesai mendaftar maka Anda akan diarahkan ke halaman selamat datang atau dikenal dengan halaman Campaigns

cara riset kata kunci menggunakan keyword planner

Halaman ini difungsikan untuk melakukan promosi, Tetapi kita sedang membahas cara riset kata kunci menggunakan keyword planner maka abaikan saja halaman yang satu ini. Lanjutkan baca yaa ...

2. Cara Menggunakan Google Keyword Planner

Saat berada di halaman Campaigns seperti gambar di atas, Langsung saja klik "Tools" atau "Alat" ( menu bagian tengah atas ) , Kemudian pilih submenu "Keyword Planner" atau "Perencana Kata Kunci" ( Lihat gambar di bawah ).

riset kata kunci menggunakan keyword planner

Tunggulah sebentar hingga halaman terload seluruhnya, Anda akan masuk ke halaman keyword planner yang terdiri dari beberapa macam menu pilihan, Antara lain :

Find new keywords :  - Search for new keywords using a phrase, website or category
                                   - Multiply keyword lists to get new keywords

Plan your budget and get insights for keywords

                                   - Get search volume data and trends
                                   - Get click and cost performance forecasts

Pilih saja yang umum digunakan "Search for new keywords and using a phrase, website or category", Setting bagian "Targeting" terlebih dahulu, bila target yang ingin dituju berada di Indonesia maka lakukan klik gambar pensil dan masukan kata "Indonesia" pada bagian Locations dan masukan juga bahasa yang digunakan pada bagian "Language".

Masukan kata kunci (keyword) yang menjadi target pencarian pada bagian "Your product or service". Selanjutnya klik "Get Ideas". Dan akan terlihat kata kunci yang menjadi trend pencarian selama kurun waktu 12 bulan terakhir ( jika ingin melihat kurun waktu sesuai keinginan bisa dilakukan setting pada bagian "Date range").

Selain itu hasil penelusuran target keyword akan memberikan informasi nilai CPC ( Cost Per Click) dan tingkat persaingan dalam pencarian. Dan jikalau ingin melihat kata kunci yang terkait dengan keyword utama bisa dilihat di tab "Keyword ideas".

Secara default hasil yang ditampilkan oleh Google Keyword Planner merupakan gabungan volume pencarian kata kunci yang digunakan dari semua perangkat seperti laptop, komputer, dan mobile, Jika kita ingin menampilkan volume pencarian keywords dari masing-masing perangkat (laptop, komputer, mobile) maka Anda bisa mengubah pilihan "Search volume trends" menjadi "Breakdown by device" maupun pilihan lainnya seperti "Mobile trends", "Breakdown by location", "Account/plan coverage", "Compared to competitor domains", "Compared to market leader domains".

Jikalau ingin menyimpan hasil riset kata kunci Anda, Klik saja "Download" dan akan terbuka layar baru yang memberikan pilihan format penyimpanan yang diinginkan berupa AdWords Editor CSV atau Excel CSV.

Nah, Demikian cara riset kata kunci menggunakan keyword planner yang sangat bermanfaat untuk mengetahui tingkat minat terhadap target kata kunci yang menjadi incaran demi sebuah trafik organik. Seperti yang saya tulis di atas bahwa riset kata kunci ini hanya untuk mengetahui seberapa besar minat, Anda masih perlu melakukan berbagai optimasi untuk mengejar target tersebut hingga mendatangkan trafik yang baik di SERP. Dengan kata lain bahwa riset kata kunci tidak menjamin bahwa website / blog Anda akan mendapat posisi yang baik di SERP Google. Ok, Semoga dapat memberikan manfaat, Salam sukses