CARA SUBMIT SITEMAP BLOG KE GOOGLE WEBMASTERS TOOLS

Cara submit sitemap blog ke google webmasters tools ~ Setelah mendaftarkan url blog ke Google, maka langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengirimkan sitemap atau peta situs ke Google Webmasters Tools. Langkah ini perlu dilakukan agar kita dapat memantau kesehatan blog, karena dengan cara submit sitemap blog kita dapat mengetahui berapa banyak backlink yang menuju situs / blog, berapa banyak error yang terjadi pada blog, queri apa saja yang menuju blog. berapa jumlah artikel yang sudah terindeks, duplikat deskripsi dan lain-lain.

Jika terjadi error pada blog haruslah segera ditangani karena hal ini akan mempengaruhi serp atau ranking pencarian. Namanya juga error pastilah akan berpengaruh buruk terhadap blog yang di dalamnya.

Ok, silahkan disimak langkah-langkah untuk daftar sitemap ke Google Webmasters Tools berikut ini :

1. Setelah mendaftar url blog selesai , maka klik saja tulisan "Alat Webmasters" di kanan atas ( lihat gambar di bawah )

alat webmasters untuk submit sitemap

atau Anda bisa melalui alamat ini langsung : http://www.google.com/webmasters/tools

2.Setelah masuk ke Alat Webmasters, cari "Tambahkan Situs" dan akan terbuka layar kecil baru yang meminta memasukan alamat url blog Anda, seperti tampak gambar di bawah


sebelum submit sitemap harus tambahkan url

Verifikasi Kepemilikan Situs

3. Klik saja "kirim", dan akan terbuka layar baru yang meminta untuk verifikasi kepemilikan situs terlebih dahulu yang dimaksudkan untuk memastikan bahwa blog tersebut adalah benar milik Anda.

Di sini saya menyarankan verifikasi menggunakan metode alternatif saja agar lebih mudah dan cepat.(lihat gambar di bawah) ,dan selanjutnya...

metode alternatif untuk verifikasi kepemilikan sebelum submit sitemap

4. Klik Tag HTML, dan akan tampil kode panjang seperti di bawah ini :

<meta name="google-site-verification" content="YC-cTi1tVEDqIqHS3QzGdUHuhQZqQSEm1NX5TCwt1mk"/>

Klik saja kode tersebut kemudian copy dan pastekan pada bagian <head> template blog Anda, Jika bingung ikuti saja contoh yang ada di bagian bawah kode tersebut. Setelah selesai , klik saja "verifikasi" (lihat gambar di atas), jika berhasil maka akan tampak ucapan "selamat, Anda telah berhasil memverifikasi kepemilikan http://alamat.blogspot.com Anda".

5. Klik tautan "Lanjutkan" , setelah itu akan tampak alamat blog Anda di Webmasters Tools , seperti gambar di bawah ini :

url yang akan disubmit ke webmasters tools


Klik saja alamat tersebut, dan akan dibawa ke menu selanjutnya, cari "perayapan" dan klik "peta situs" atau "sitemap".


peta situs untuk daftar sitemap

Cara Submit Sitemap Blog

Lihat sisi kanan atas, ada kotak merah bertuliskan "TAMBAHKAN/UJI PETA SITUS", klik saja kotak tersebut.  dan akan terlihat seperti di bawah ini :


masukan url untuk submit sitemap ke google webmasters tools

 isi kolom kosong dengan

  atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500 atau rss.xml


setelah itu klik kotak biru "Mengirim Peta Situs", kemudian klik "Segarkan Laman", Nah... selesai sudah cara submit sitemap blog ke Google Webmasters Tools, selanjutnya bersabarlah menunggu proses indeks dari Google dan tetaplah membuat postingan sesering dan sebagus mungkin.

Semoga dapat memberikan manfaat, salam sukses