CARA MENGGUNAKAN MENU IMPOR BLOG DI BLOGGER

Cara Menggunakan Menu Impor Blog di Blogger ~ Salah satu alat blog di blogspot adalah menu impor blog, Yang memang jarang sekali digunakan oleh para blogger. Tetapi tentunya hal ini perlu diketahui fungsi dan cara menggunakannya agar kita dapat memaksimalkan kegiatan blogging.

Menu impor blog ini berfungsi untuk memindahkan artikel dari blog yang satu ke blog yang lain ataupun dapat dimanfaatkan untuk mengembalikan seluruh artikel blog jika blog dihapus oleh Google. Dan tentunya artikel yang ingin dikembalikan harus dilakukan ekspor (backup) terlebih dahulu (silahkan baca caranya di :  cara backup artikel blog ). Ekspor artikel dalam bentuk file xml akan diekstrak atau dikembangkan secara otomatis melalui fungsi impor blog ini.

Nah, Bagaimana cara menggunakan menu impor blog tersebut ? Silahkan simak langkah-langkah berikut ini :

Cara Menggunakan Impor Blog

1. Login ke blogger
2. Cari Menu Lainnya ( Other ) di Menu Setelan ( Settings )

cara menggunakan menu impor blog

3. Kemudian cari Menu impor blog dan klik saja, Akan tampil menu pop up ( gambar di bawah )
4. Klik Menu Browse, Cari File xml yang telah disimpan di komputer Anda sebelumnya.(hasil eksport blog)
5. Selanjutnya klik Open atau tekan Enter
6. Centang  I'm not a robot
7. Jika ingin artikel yang diimpor langsung publikasi maka centang "automatically publish all imported posts and pages". Tetapi jika tidak ingin langsung publikasi maka jangan dicentang, Ok ?

cara menggunakan menu impor blog di blogger

8. Klik "Impor Blog", tunggu proses hingga selesai. Dan akan langsung menuju menu post. Nah selesai sudah proses impor blog.

Menu impor blog ini penting untuk digunakan bersama alat blog lainnya yaitu ekspor blog. Lakukan proses ekspor blog ( backup blog ) sesering mungkin untuk mengantisipasi terjadinya banned atau terhapusnya blog oleh Google,

Dan jika hal itu terjadi maka Anda dapat menggunakan menu impor blog di blogger ini untuk mengekstrak seluruh file backup postingan yang telah dibuat sebelumnya pada blog yang baru. Sehingga saat terjadi banned maka postingan akan bisa dikembalikan lagi seutuhnya. Ok, Semoga bermanfaat, Salam sukses