CARA MENGALIHKAN ALAMAT BLOG LAMA KE BLOG BARU

cara mengalihkan alamat blog lama ke blog baru

Cara Mengalihkan Alamat Blog Lama Ke Blog Baru ~ Jikalau nama blog atau alamat blog dirasa terlalu panjang atau tidak sesuai dengan thema blog,  Anda dapat mengganti nama blog atau mengganti alamat blog tersebut. Tetapi proses itu akan membuat goncangan trafik blog, Blog akan kehilangan trafik atau bahkan kembali seperti blog baru lagi.

Ada trik yang dapat dilakukan untuk menganti alamat blog tanpa kehilangan trafik, Yaitu melakukan proses mengalihkan alamat blog lama ke alamat blog yang baru. Trik ini memberitahukan mesin pencari bahwa blog yang dikunjungi telah berpindah alamat menjadi alamat baru. Setiap ada pengunjung yang mengklik blog lama maka secara otomatis dan dalam wakut yang amat singkat akan dialihkan ke blog baru.

Nah, Bagaimana cara mengalihkan alamat blog lama ke blog baru agar tidak kehilangan traffic dan tetap diketemukan oleh mesin pencari ? Berikut ini penjelasannya yang terbagi dalam 2 metode :

Metode pertama :

1. Download atau backup artikel di blog lama ( export blog ) terlebih dahulu
2. Buat blog baru dan Restore ke blog baru ( impor blog )
3. Buka template -> Edit HTML dan  Copy kode di bawah ini dan letakkan di bawah kode <head>

<script type='text/javascript'>
var this_url = window.location.href;
var new_url = this_url.replace (&quot;namabloglama&quot;,&quot;namablogbaru&quot;);
window.location = new_url;
</script> 

4. Ganti teks yang berwarna merah dan biru sesuai dengan nama blog yang ingin dirubah.

Metode kedua :

1. Lakukan langkah 1 dan 2 di atas (metode pertama)

2. Buka template -> Edit HTML -> copy kode di bawah ini dan letakkan di bawah kode <head>

 <script type='text/javascript'>
 var d='<data:blog.url/>';
 d=d.replace(/.*\/\/[^\/]*/, '');
 location.href = 'http://namablogbaruanda.blogspot.com';
 </script>

3. Ganti teks berwarna merah dengan alamat blog yang baru

Nah, selesai sudah cara mengalihkan alamat blog lama ke blog baru, Artikel yang dibuat diblog baru tersebut tentu akan sama persis dengan blog yang lama, Karena proses ekspor dan restore tadi, Dan hal ini tidak akan menjadi duplicate content karena proses pengalihan seperti itu. Trafik yang dihasilkanpun otomatis akan teralihkan ke blog baru, Jadi Anda tidaklah perlu khawatir akan kehilangan trafik.

Usahakan menggunakan metode yang kedua agar lebih tepat pengalihannya, Karena pada metode pertama, Sistem hanya akan membaca nama blog saja. Dikhawatirkan akan terjadi kesalahan pengalihan yang terjadi karena nama blog kemungkinan ada yang sama. Jikalau menggunakan metode kedua, yaitu alamat blog maka kesalahan pengalihan tentu tidak akan terjadi, Karena tidak ada blog yang beralamat sama.

Cara mengalihkan alamat blog lama ke blog baru ini tidaklah sama dengan cara redirect 301 (pengalihan URL) yang hanya mengalihkan satuan URL saja pada blog yang sama, Sedangkan metode di atas mengalihkan keseluruhan blog lama ke blog yang baru.

Ok, Semoga dapat memberikan manfaat.