Cara Mengganti Domain Blogspot menjadi .Com (Custom Domain)

Cara Mengganti Domain Blogspot menjadi .Com (Custome Domain) ~ Bagi Anda yang memiliki blog dari blogger tidaklah perlu risau dengan subdomain yang menempel di blog. Dengan cara mengganti domain blogspot menjadi .com maka alamat blog Anda dapat terlihat lebih keren bahkan lebih profesional.

Sebagian blogger disaat membuat blog mungkin tidak memperhatikan nama untuk domain sehingga alamat blognya menjadi amat panjang, tidak seo hingga sulit diingat. Salah satu cara memperbaikinya adalah merubah domain blogspot menggunakan domain sendiri atau bahasa kerennya custom domain. Tidak hanya domain .com yang menjadi pilihan, Anda juga merubahnya menjadi domain .net, .id, .co.id, .org dll.

Mengganti domain blogspot menjadi .com sebenarnya tidaklah sesulit yang dibayangkan, Anda hanya perlu membeli domain .com terlebih dahulu dan tentunya memiliki blog pribadi juga. Namun Anda tidak perlu menyewa hosting karena sudah menggunakan hosting di blogger secara gratis.

Banyak penyedia domain dari dalam negeri yang bisa Anda temukan di internet dengan mudah, Misalnya : rumahweb.com, masterweb.com, idhostinger.com, idwebhost.com. Sebagai contoh saya gunakan idwebhost.com karena saya sudah pernah menggunakan jasa di sana, Tapi bukan maksud untuk merekomendasikan loh ! :-D

Jadi langkah pertama adalah harus membeli domain terlebih dahulu. Setelah memiliki domain, tinggal ikuti petunjuk yang akan dijelaskan langkah-langkahnya di bawah ini. Silahkan disimak yaa.

baca juga : Cara Membeli Domain .Com Murah dan Mudah

Cara Mengganti Domain Blogspot


1. Masuk ke dashboard blogger Anda, Klik Setelan

cara mengganti domain blogspot menjadi .com (custom domain)


2. Klik "Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda"

cara mengganti domain blogspot menjadi .com


3. Selanjutnya, Masukkan domain Anda di kotak kosong yang telah tersedia. Domain yang dimasukkan harus ditambahkan www di depannya sehingga berbentuk seperti www.namadomain.com

mengganti domain di blogspot menjadi .com

4. Klik "Simpan"

5. Karena domain yang sudah diisikan belum terjadi pengaitan di DNS, maka akan tampil pesan kesalahan "Kami tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain ini.....". Abaikan saja pesan kesalahan seperti itu untuk sementara waktu,

Lalu perhatikan ke bawah sedikit. Ada 2 kode yang tampil, kode inilah yang di sebut CNAME. Kode ini akan digunakan untuk melakukan setting DNS yang akan dijelaskan di bawah.


kode cname untuk mengganti domain blogspot menjadi .com


Mengelola Domain Aktif


6. Buka tab baru di browser, Kemudian lakukan login member area di https://member.idwebhost.com. Setelah masuk ke member area, Klik kotak merah bertuliskan "Domain Aktif".

7. Temukan nama domain Anda dan Klik "Kelola Domain" di samping kanan

kelola domain ~ cara mengganti domain blog

8.  Selanjutnya, Klik tab "Alat Pengelolaan" dan pilih "Kelola DNS"

9. Akan terbuka menu baru disertai kolom-kolom, Isikan kolom tersebut dengan satu tahap demi satu tahap yang akan muncul setelah meng-klik "Simpan Perubahan".

Kolom tersebut terdiri dari Nama Host, Jenis Records, Alamat dan Priority


isikan kolom tersebut dengan urutan seperti tabel di bawah ini :

1
@
A(Address)
216.239.32.21
kosongkan
2
@
A(Address)
216.239.32.21
kosongkan
3
@
A(Address)
216.239.32.21
kosongkan
4
@
A(Address)
216.239.32.21
kosongkan
5
2or17p6hxjpj
CNAME
gv-4gxsy73yvfqb5.dv.googlehosted.com
kosongkan
6
www
CNAME
ghs.google.com
kosongkan


10. setelah seluruhnya sudah terisi, Klik tab "Nameserver", Lakukan pengisian Nameserver dengan kode ns1.idwebhost.id dan ns2.idwebhost.id  dan klik "Ubah Nameservers" ( Lihat gambar di bawah ini )


setting nameserver untuk mengganti domain blogspot

Setelah seluruh settingan selesai, tunggu proses propagasi perubahan DNS lebih kurang 6-8 jam. Kemudian lakukan penyettingan ulang dari langkah 1-4 hingga tidak ada lagi pesan error saat simpan domain ke blogspot.

Setting Pengalihan Domain


Cara mengganti domain blogspot menjadi .com akan lebih sempurna lagi bila dilakukan pengalihan domain. Oleh karena itu, Jangan lupa lakukan setting pengalihan domain dari non www menjadi www. Fungsinya agar domain tersebut dapat di akses dengan www.domain.com dan domain.com.

Sebagai contoh : ketika ada pengunjung yang mengetikkan alamat url http://contohdomain.com atau http://www.contohdomain.com tetap akan dapat mengunjungi blog yang dimaksud..

caranya ialah :

a. masuk ke dashboard blog
b. klik setelan
c. pada bagian alamat blog, centang alihkan domain..... ( seperti tampak gambar di bawah ini )
d. klik simpan

pengalihan domain untuk mengganti domain blogspot

Nah, itulah cara mengganti domain blogspot menjadi .com atau bahasa kerennya custom domain, semoga dapat memberikan manfaat. salam sukses.