Cara Membuat Blog Gratis dari WordPress untuk Pemula

Cara Membuat Blog Gratis dari WordPress untuk Pemula ~ Saat ini semakin banyak blog yang menggunakan WordPress, ada yang bilang lebih mudah, ada juga yang kurang suka. Tergantung bagaimana pribadi Anda yang menggunakan. Tutorial cara membuat blog gratis ini dikhususkan untuk pemula yang belum pernah membuat blog sendiri dengan disertai gambar untuk mempermudah belajar bikin blog gratis.

Ok ... Gak usah panjang lebar.. kita langsung aja mulai ...

Cara Membuat Blog Sendiri di WordPress


1. Ketikkan di browser internet : https://id.wordpress.com/   ENTER

    Selanjutnya Anda akan menemukan halaman baru seperti gambar di bawah ini

2. Klik Buat Situs Web

Cara Membuat Blog Gratis dari WordPress untuk Pemula

Anda akan dialihkan ke layar baru , ketikkan text di kolom ( masukkan domain atau kata kunci) untuk mencari alamat domain. Catatan : karena kita belajar cara membuat blog gratis dari WordPress maka nantinya alamat domain yang dihasilkan akan ber-embel embel wordpress.com.

Anda bisa masukkan alamat sesuka hati, Tunggu hingga ada tampilan. Jika alamat yang dimasukkan belum ada yang gunakan maka akan langsung ditampilkan di layar. Akan tetapi jika sudah ada yang menggunakan maka secaa otomatis system akan menambahkannya dibelakang text sebagai usulan pilihan.


cara membuat blog gratis


Jika setuju dengan pilihan itu maka silahkan klik PILIH , jika tidak setuju maka silahkan ketik ulang alamat lain di kolom kosong tadi. Nama domain yang sudah dipilih tidak akan bisa diubah lagi, Kecuali Anda ingin mengubah domain menjadi .com (dot com).


cara membuat blog gratis dari wordpress


Kemudian terbuka layar baru yang menawarkan 3 jenis paket , Yaitu Gratis , Premium dan Bisnis. Pilih saja yang Gratis. ( kan.. lagi belajar bikin blog gratis he he ).

Pada paket gratis akan diberikan ruang penyimpanan sebesar 3 GB, Premium 13 GB, dan Bisnis tidak terbatas.


cara membuat blog gratis dari wordpress


Dan paket blog WordPress ini akan gratis seumur hidup... mantap kan..

Setelah itu siap untuk buat akun blog WordPress


cara membuat blog sendiri


Masukkan EMAIL yang belum pernah digunakan untuk mendaftar akun , Password (kata sandi)  setelah itu klik BUAT AKUN.

baca juga : cara membuat email baru gmail


cara membuat blog gratis untuk pemula


Sementara tunggu selesai proses buat akunnya, Bukalah email yang digunakan untuk daftar tadi. Buka kiriman dari WordPress.com . Klik ' KONFIRMASI ALAMAT EMAIL'


cara membuat blog gratis dari wordpress untuk pemula


Nah sekarang Anda harus login ke blog WordPress sebagai akhir dari konfirmasi EMAIL.  Gunakan ALAMAT EMAIL atau USERNAME dan PASSWORD untuk login.

Setelah berhasil LOGIN, Tentukan TEMPLATE BLOG ( TEMA ) terlebih dahulu dengan langkah berikut :

1. Pada menu dashboard WordPress, Cari menu Personalisasikan dan klik  'Tema'
2. Pilih menu Gratis dan Cari model tema yang Anda sukai
3. Setelah menentukan tema, klik tanda 3 titik ( lihat gambar di bawah ini ) disini ada 3 menu yang bisa Anda pilih, yaitu :

  • Pratinjau - untuk melihat model template
  • Aktifkan  - menerapkan template ke blog
  • Detil        - melihat detail template


4. Klik saja 'Aktifkan'

cara membuat blog


Nah, Sampai di sini cara membuat blog gratis Anda sudah selesai. Klik 'Kunjungi Situs' untuk melihat blog yang baru dibuat, atau klik 'Kembali ke tema'.

Kini Anda tinggal menulis artikel dengan meng-klik 'Tambahkan' di menu 'Pos Blog' di dashboard. Selanjut tulislah artikel melalui editor blog WordPress Anda , bila selesai membuat artikel jangan lupa untuk LOGOUT (keluar) dari blog dengan klik gambar orang (kanan atas) kemudian klik KELUAR (di bagian kiri layar)


cara membuat blog gratis


Pelajari dan kembangkan terus blog WordPress Anda dengan menulis karya-karya sesuai dengan kemampuan.. Yang penting hasil karya sendiri.

Semoga artikel cara membuat blog gratis dari wordpress untuk pemula ini dapat memberikan manfaat. Oh yaa... bila Anda mau belajar membuat blog dari blogspot silahkan kunjungi artikel cara membuat blog gratis sendiri untuk blogger pemula
Salam sukses